Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ctaf | Common Traffic Advisory Frequency

Frekuensi Penasehat Lalu Lintas Umum (CTAF) - Nama Frekuensi Radio VHF yg dipakai untuk komunikasi udara-ke-udara. Banyak bandara menjulang menutup menara dalam semalam, menjaga bandara. terbuka untuk operasi kargo serta acara lainnya.

Pilot menggunakan frekuensi untuk mengkoordinasikan kedatangan serta keberangkatan dengan aman, memperlihatkan laporan posisi serta berterus terangi pesawat lain dalam kemudian lintas di Bandar udara.

Di Bandar udara yg lebih kecil memakai Sistem Pencahayaan yg dikendalikan oleh pilot kalau tidak irit atau tidak nyaman untuk mempunyai sistem otomatis atau staf untuk menyalakan lampu Taxiway serta Landasan Pacu.

Sistem Pencahayaan diakses melalui Aircraft Radio Control of Aerodrome Lighting (ARCAL)  yg sering menyebarkan dengan CTAF.

Dua Alokasi CTAF

UNICOM

Base Station Non-Pemerintah berlisensi yang menyediakan komunikasi udara-ke-darat

(serta sebaliknya) serta pun sanggup berfungsi sebagaiCTAF saat beroperasi,

MULTICOM

Alokasi Frekuensi (Tanpa Base Station Fisik )

Yang dicasertagkan sebagaiCTAF untuk bandara tanpa kemudahan lainnya.

Aircraft Radio Control of Aerodrome Lighting

(ARCAL)

Pilot-Controlled Lighting (PCL), Juga dikenal Aircraft Radio Control of Aerodrome Lighting (ARCAL) atau Pilot-Activated Lighting (PAL), ialah sistem yg memungkinkan pilot pesawat terbang mengendalikan pencahayaan lampu bandara atau lampu lapangan terbang, lampu tepi , serta taxiway via radio.

Beberapa lapangan udara, suar bandar udara pun sanggup dikendalikan ARCAL. ARCAL paling umum dilakukan di lapangan terbang yg tidak menjulang atau sedikit dipakai dimana tidak irit untuk menyalakan landasan pacu sepanjang malam, atau memberi staf untuk menyalakan serta mematikan lampu landasan.

Frekuensi ARCAL Kebanyakan Aerodromes sama dengan frekuensi UNICOM / CTAF, Kedua ditunjuk untuk mengendalikan pencahayaan  landasan pacu.

Contoh

Landasan pacu 01/19 pada Bandara di Sydney, Nova Scotia).

Untuk mengaktifkan lampu, pilot akan mengeklik radio mentransmisikan saklar pada frekuensi ARCAL pada jumlah tertentu pada jumlah dtk yg ditentukan.

Dua jenis Sistem ARCAL, Tipe J serta Tipe K.

Type J diaktifkan dengan memasukkan mikrofon lima kali dalam lima detik,

Tipe K pada awalnya diaktifkan dengan mengklik tujuh kali dalam lima detik.

Setelah Diaktifkan, intensitas sistem tipe K. Dapat beralih ke pengaturan intensitas rendah, sesertag, atau tinggi dengan memasukkan mikrofon tiga, lima, atau tujuh kali dalam lima detik. Jika lampu identifikasi landasan pacu pun dikendalikan oleh tipe K ARCAL, mereka mungkin dimatikan dengan memasukkan mikrofon tiga kali.

Penggunaan CTAF yang tepat

(Common Traffic Advisory Frequency)

Penggunaan Frekuensi Penasehat Lalu Lintas Umum (CTAF) untuk informasi kemudian lintas ialah alat yg andal bila dipakai dengan benar.

Sering terdengar menyerupai Saluran 19 di Radio CB. Dalam dunia CB, saluran 19 ialah saluran pengemudi truk. menelurkan frasa menyerupai "10-4 Teman baik" serta "Roger itu".

Komunikasi penerbangan, di sisi lain mempunyai misi keselamatan yang lebih akbar serta perlu lebih sempurna dan rentan terhadap kesalahpahaman. Ketika CTAF mulai terdengar menyerupai CB, nir membuat terdengar nir taraf atas, tapi pun mengurangi keamanan bandara.

CTAF. hanya satu orang berbicara, semakin sedikit membicarakan lebih banyak kesempatan untuk melaporkan posisi.. Ketika Pilot membuat panggilan yg tidak perlu, Sebenarnya membuat ancaman keselamatan alasannya ialah sanggup menghalangi laporan posisi sah pilot lainnya.

Manual Informasi Aeronautika (AIM) memperlihatkan panduan penggunaan CTAF yg tepat. Memberitahu ketika tiba di bandara untuk membuat panggilan 10 mil keluar. Seorang pilot yg baik akan mendengarkan CTAF lebih jauh lagi. Jika memperhatikan, Akan tahu landasan pacu yg dipakai serta mempunyai gagasan umum perihal kemudian lintas di kawasan tersebut.

[AVIONICS - Knowledge ]

[KNOWLEDGE | Pengetahuan ]