Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

A/P | Autopilot

Autopilot - Sistem untuk mengendalikan lintasan pesawat tanpa kontrol 'Hands-On' konstan oleh Operator Manusia yg dibutuhkan. Autopilots tidak menggantikan operator manusia, namun membantu dalam mengendalikan pesawat, memungkinkan untuk berfokus pada aspek operasi yg lebih luas, ibarat memantau lintasan, cuaca serta sistem.

Autopilot - Sumbu tunggal mengendalikan pesawat dalam sumbu ROLL saja; Autopilot dikenal sebagai "Pengungkit Sayap", yg mencerminkan keterbatasan.

Autopilot - Dua sumbu mengendalikan pesawat di sumbu PITCH serta ROLL. Sedikit lebih dari sekedar "Penyamarataan Sayap" dengan kemampuan pengosongan Osilasi terbatas; Mungkin mendapatkan masukan dari sistem Navigasi Radio On-board untuk memperlihatkan panduan penerbangan otomatis sehabis pesawat lepas landas hingga sesaat sebelum mendarat;

Autopilot - Kemampuannya mungkin terletak di antara dua ekstrem ini. Autopilot tiga sumbu menambahkan kontrol pada sumbu YAW serta tidak dibutuhkan di banyak pesawat kecil.

Sistem Augmentasi Stabilitas

Stability Augmentation System (SAS)  -  Jenis lain dari sistem kontrol penerbangan otomatis; alih mempertahankan pesawat dengan perilaku atau jalur penerbangan yg telah ditentukan sebelumnya,

SAS - Akan menggerakkan kontrol pesawat terbang untuk meredam pesawat yg menerjang terlepas dari perilaku atau jalur penerbangannya.

SAS- Dapat secara otomatis menstabilkan pesawat dalam satu atau lebih sumbu. Jenis peredam YAW yg dipakai untuk menghilangkan kecenderungan Roll Belanda pada sayap. Peredam Rahang merupakan bab Integral dari sistem autopilot sementara yg lain bangkit sendiri.

Peredam YAW biasanya terdiri dari sensor tingkat yaw (Giroskop atau Accelerometer Sudut), Komputer / Amplifier serta Aktuator Servo.

Peredam YAW memakai sensor tingkat yaw untuk mencicipi kapan pesawat memulai Roll Belanda. Komputer memproses sinyal dari sensor tingkat yaw untuk memilih jumlah gerakan Rudder yg dibutuhkan untuk meredamnya.

Komputer memerintahkan Aktuator Servo untuk menggerakkan kemudi yg jumlahnya.Roll Belandaserta pesawat menso stabil pada poros YAW.Roll Belanda - Ketidakstabilan yg menempel pada semua pesawat sayap,

Dua Jenis Peredam YAW

➽  Series Yaw Dampers

➽  Parallel Yaw Dampers.

Aktuator Servo dari peredam yaw paralel akan menggerakkan kemudi secara Independen dari pedal kemudi sementara

Aktuator Servo dari peredam yaw seri dicengkeram ke kuadran kontrol kemudi serta akan menghasilkan gerakan pedal ketika sistem mengarahkan kemudi untuk bergerak.

Pesawat yang memiliki Sistem Augmentasi Stabilitas yg akan menstabilkan pesawat di lebih dari satu sumbu.

B-52 - Memerlukan kedua Pitch serta Yaw SAS untuk nenyediakan platform pengeboman yg stabil.

Helikopter mempunyai sistemRoll serta Yaw SAS. Sistem Pitch and roll SAS beroperasi dengan cara yg sama ibarat peredam yaw yg dijelaskan di atas; Alih meredamRoll Belanda, akan mengurangi gejolak pitch serta roll atau pukulan untuk memperbaiki keseluruhan stabilitas pesawat.

Flight Director (FD) terkait dengan sistem Autopilot. Menampilkan panduan di cakrawala tiruan, yg memperlihatkan perilaku pesawat terbang, namun tidak melaksanakan apa pun untuk mengendalikan pesawat. Panduan yg merupakan Referensi dari Sikap pesawat yg akan mengikuti parameter yg ditetapkan untuk autopilot.

Pilot mampu secara manual menerbangkan pesawat eksklusif ke daerah yg ditunjukkan oleh eksekutif penerbangan, serta dengan demikian pesawat akan mengikuti parameter yg ditetapkan untuk autopilot.

Apabila Autopilot dilibatkan, Autopilot menerbangkan pesawat buat mengikuti eksekutif penerbangan. Direktur penerbangan berfungsi sebagai Indikasi Visual dimana autopilot menginginkan pesawat terbang. Direktur penerbangan umumnya mengikuti sistem autopilot,

Prosedur buat melibatkan mereka yaitu pertama menghidupkan Direktur Penerbangan, yg akan memperlihatkan pada mana autopilot menginginkan pesawat terbang berada, serta lalu melibatkan Autopilot, kemudian akan secara otomatis menerbangkan pesawat.

[Basic Autopilot Systems  (4)

[ 1440/1460 Autopilot Systems (90) - ComNav

[ NEXUS Autopilot (54) - Nexus

[ MyFlyDream AutoPilot (37)

[ KAP 140 Pilot Guide (102) - HoneyWell

[ EFIS Integrated Autopilot (44) - MGL Avionic

[ Autopilot with Shadow Drive (2) - VOLVO Penta

[AVIONICS - Knowledge ]

[KNOWLEDGE | Pengetahuan ]