Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fbw | Fly-By-Wire System

Sistem Pengganti kontrol penerbangan manual konvensional pesawat dengan Elektronik. Pergerakan kontrol penerbangan diubah menso sinyal elektronik dikirim melalui kabel (Fly-By-Wire) serta Komputer Kontrol Penerbangan memilih bagaimana memindahkan aktuator Setiap permukaan kontrol untuk menawarkan Respons yg sesuai pesan.

Fly-By-Wire - Melakukan Otomatis sinyal yg dikirim oleh komputer pesawat terbang untuk melaksanakan fungsi tanpa masukan pilot, menyerupai pada sistem yg secara otomatis membantu menstabilkan pesawat terbang, atau mencegah pengoperasian pesawat yg tidak aman

Fly-By-Wire - Sistem kontrol penerbangan yg memakai komputer untuk memproses input kontrol penerbangan yg dilakukan oleh Pilot atau Autopilot, serta mengirimkan sinyal listrik yg sesuai ke aktuator permukaan kontrol penerbangan.

Fly-By-Wire - Menggantikan keterkaitan Mekanis serta Input Pilot tidak secara eksklusif memindahkan permukaan kontrol.

Masukan dibaca oleh Sensor dikirim ke Komputer, memproses kemudian menentukan cara memindahkan ke bagian atas kontrol buat mencapai apa yang diinginkan pilot.

Keuntungan

? Mengurangi berat baserta

? Meningkatkan kehandalan

? Toleransi kerusakan

? Kontrol yg lebih efektif terhadap pesawat yang sangat Manoeuverable,

Pesawat pertama yg mempunyai FBW untuk semua kontrol penerbangannya sebagai pengganti Operasi Mekanis Langsung atau Hidraulik, yaitu F-16  tahun 1973.

Jet militer buat kelincahan pesawat yang Relatif nir Stabil, FBW menyediakan Kemampuan buat memastikan bahwa kenaikan pada Angle Of Attack atau Sideslip terdeteksi dan secara otomatis diselesaikan.Dengan membelokkan sedikit pada permukaan kontrol

Fly-By-Wire - Memungkinkan sistem perlindungan performa amplop penerbangan yg sangat andal, yg menawarkan fungsi sistem pada tingkat normal, secara signifikan meningkatkan keamanan. Prinsip yg dipakai yaitu kontrol kesalahan dimana Posisi permukaan kontrol (Sinyal Output) dirasakan serta 'Diumpan kembali' ke Komputer Kontrol Penerbangannya (FCC).

Jika Sinyal Input dibentuk oleh Pilot atau Autopilot, disparitas antara Posisi bagian atas kontrol saat ini dan posisi bagian atas kontrol yg diinginkan ditunjukkan oleh perintah dianalisis sang Komputer dan Sinyal Korektif yang sinkron dikirim secara Elektrik ke Permukaan kontrol.

Fungsi Kompensasi Umpan Balik sebagai Kontrol Kesalahan serta FCC meyesuaikan sistem dengan membandingkan Sinyal Output ke Sinyal Input. Setiap kesalahan di antara keduanya menso perintah ke permukaan kontrol penerbangan hingga Output sama dengan Input.

Fly-By-Wire - Rute sinyal dari FCC untuk mengendalikan permukaan disebut Jalur Maju sesertagkan Jalur sinyal dari permukaan kontrol ke FCC disebut Loop Umpan Balik.

  ➽  Gain - Amplifikasi atau Atenuasi yg diterapkan pada Sinyal Forward

Untuk mencapai Respon pesawat yg diinginkan.

  ➽ Filter - Digunakan untuk memblokir Sinyal Umpan Balik atau Gerakan yg terso

Pada Interval yg tidak diinginkan.

Keuntungan Sistem Umpan Balik - Flight Control System (FCS) digunakan untuk mengurangi Sensitivitas terhadap Perubahan Karakteristik Kestabilan pesawatatau Gangguan Eksternal.

Autopilot- Sistem Kontrol Umpan Balik.

  ➽ Stability Augmentation System (SAS)

  ➽ Control Augmentation System (CAS)

( Boeing-777 Autopilot)

SAS - Fungsi peredam terbentuk di loop umpan balik serta biasanya mempunyai Gain Rendah, atau wewenang, di atas permukaan Kontrol.

CAS - Diimplementasikan di jalur maju serta mewakili "Power Steering" Otoritas Tinggi, menawarkan respons yg konsisten terhadap aneka macam kondisi penerbangan yg bervariasi.

Prinsip CAS serta SAS digunakan secara Independen di pesawat militer sebelum terbang menggunakan kabel, terintegrasi ke pada FCS, bisa beroperasi dengan lebih Presisi serta Fleksibilitasnya jauh lebih besar .

Respons pesawat yg konsisten dicapai melalui Amplop Penerbangan yang luas melalui kegunaan CAS yang diprogramkan menjadi Fungsi Kecepatan udara, Mach, Posisi Pusat Gravitasi, serta Konfigurasi.

[Introduction Fly By Wire Aircraft & AIRBUS (53) - EASA

[ Digital Fly-By-Wire - The All-Electric Airplane (5) - NASA

[ Evolution of Aircraft Flight Control System (5) - UETAE

[ The Design of FBW Flight Control Systems (9) - BAE System

[ Unit-II AIRCRAFT CONTROL SYSTEMS (182) - Michael Stock

[ CANaerospace - Fly-By-Wire (22) - JAD System

[AVIONICS - Knowledge ]

[KNOWLEDGE | Pengetahuan ]