Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profiles Of Flight Management System

Fungsi Flight Management System (FMS) yg paling penting yakni indikasi penerbangan serta Informasi Navigasi melalui sistem indikasi elektronik. Selama pilot penerbangan membutuhkan aneka macam info penerbangan, maka FMS mengelompokkan data ini sesuai dengan fase penerbangan serta melambangkannya pada tampilan Pilot serta Navigational.

Berbagai tanda dalam FMS. Dari model yg tidak sinkron memberitahuakn informasi secara tidak sama, berdasarkan pada jumlah berita yg tersimpan pada database dan spesifikasi fungsional yg tidak sama. Tidak hanya nama rezim penerbangan yang tidak selaras pada model peralatan FMS yg tidak sama, tetapi jumlah pertanda pun bervariasi.

Indikasi yg dipakai pesawat AIRBUS, di FMS Thales -

  ➤  Pre-Flight

  ➤  Take-Off

  ➤  Climb

  ➤  Cruise

  ➤  Descent

  ➤  Approach

  ➤ Landing

⏩⏩ Done

Menentukan Posisi

Tujuan utama FMS - Menentukan posisi pesawat terbang serta menilai keakuratan informasi. FMS dasar memakai satu Sensor serta Global Positioning System (GPS) untuk menghitung posisi. FMS modern memakai beberapa sensor, termasuk Very High Frequency Omni-Range (VOR), untuk mendapat serta memvalidasi info yg tepat.

SENSOR Terintegrasi meliputi:

➤  Kualitas penerbangan Penerima GPS sebagai sensor utama mengingat standar performa

dan ketepatan tinggi mereka

➤  Alat bantu radio, yg dibangun untuk navigasi pesawat terbang,

menjadi sensor sekunder, termasuk:

➥  Perangkat pemindaian DME secara bersamaan memilih jarak referensi

berdasarkan lima stasiun DME unik buat menghitung posisi setiap 10 dtk.

➥  Bantalan suplai VOR. Posisi pesawat ditentukan dengan memakai dua stasiun VOR,

meski dengan akurasi terbatas.

➥  Sistem rujukan inersia (IRS) memanfaatkan gyros laser cincin serta akselerometer

buat menentukan posisi pesawat terbang.

Perangkat ini mengatakan pembacaan yg sangat akurat yg tidak bergantung pada sumber luar manapun. Bantalan "Triple Mixed IRS" dihitung dengan memakai rata-rata tertimbang dari tiga Inertial Reference System (IRS) independen.

FMS mengecoh sensor untuk menghasilkan posisi pesawat yg sempurna serta akurat. Actual Navigation Performance (ANP), yg dinyatakan dalam mil laut, berlaku untuk performa sistem navigasi dikala ini. Kinerja navigasi yg dibutuhkan (RNP), yg mengacu pada keakuratan peralatan Navigasi, diharapkan untuk memperkirakan posisi yg tepat.

Nilai ANP yg lebih kecil memperlihatkan posisi FMS yg lebih akurat serta nilai ANP pesawat terbang harus lebih rendah dari Required Navigation Performance (RNP) untuk beroperasi di ruang udara tertentu.

FMS menghitung rute menurut rencana penerbangan serta posisi pesawat. Pilot mengikuti rute secara Manual atau Autopilot. Modus rencana penerbangan Lateral sebagai LNAV serta menampilkan sasaran berkecepatan serta pitch atau ketinggian. Modus rencana penerbangan Vertikal disebut VNAV mentransmisikan perintah kemudi ke Autopilot.

Navigasi Vertikal

Pesawat modern disokong dengan sistem VNAV yg canggih untuk memperkirakan serta optimalisasi jalur vertikal pesawat yg akurat. Sistem ini memperlihatkan panduan untuk mengendalikan Sumbu serta Throttle Pitch. FMS memerlukan rincian model penerbangan serta mesin untuk membangun jalur Vertikal menurut rencana penerbangan Lateral.

FMS membuat Profil Vertikal dalam mode pra-penerbangan menggunakan berat pesawat awal, berat materi bakar, serta Variabel lainnya. Jalan vertikal dimulai dengan mendaki ke ketinggian jelajah. Integrasi VNAV, menunjuk dalam penghematan materi bakar pada perjalanan dan penurunan.

Saat materi bakar terbakar, berat pesawat terbang ringan memungkinkannya terbang di daerah yg lebih tinggi sehingga lebih ekonomis materi bakar. Sistem memilih berkecepatan dengan tingkat pembakaran materi bakar terendah, dikenal dengan berkecepatan ECON.

FMS memakai Required Time of Arrival (RTA) untuk mencapai kedatangan di titik jalan tertentu, yg membantu jadwal waktu kedatangan. VNAV menghitung Top Of Descent point (TOD), di mana penurunan yg efisien dimulai. Berdasarkan jalur peturunan yg telah ditentukan, pesawat mengubah sesuai keperluan untuk mempertahankan jalur.

VERTICAL dan LATERAL

Standard

SAE AIR4653     - Tinjauan sistem administrasi penerbangan

FAA AC 25-15    - Persetujuan sistem administrasi penerbangan dalam kategori

Transportasi pesawat terbang

SAE ARP94910 - Spesifikasi panduan untuk sistem administrasi kendaraan kedirgantaraan

[AVIONICS - Knowledge ]

[KNOWLEDGE | Pengetahuan ]