Boeing B-777 -300 Extended Range
Boeing-777-300ER ("ER" Extended Range) ialah versi Komersial dari 777-300. Fitur sayap yg terbau serta diperluas, Roda pendaratan utama yg baru, Perlengkapan hidung yg dipersenjatai, serta Tangki materi bakar tambahan. Boeing-777 -300ER mempunyai baserta pesawat yg dipersenjatai, sayap, Empennage (Rakitan ekor), serta tempelan mesin.
BOEING B-777 300 Extended Range
Technical Specifications
Model numberBoeing-777 300 Extended Range
First flight24 Februari 2003
Power Plant Turbofan-Powered Wide-body
2x GE90-115B (115.300 lbf 513 kN)
Speed 913 km/hour
Max, Cruise Alt.43,000 Feet (13,100 Meters)
Max. Range 7,930 Nautical miles (14,685 km)
Seating (30) J/C, (383) G/C
Weight Empty 168.700 kg
Weight Take-Off 351.530 kg
Weight Landing 251 290 kg
Wing Span 213 Feet (64.80 meters)
Length 259 Feet (78.86 meters)
Height60ft 9in ( 18.51meters )
Boeing-777 -300ER - Dengan rentang maksimum 7.930 nm, memungkinkan Berat Maksimum Lepas Landas MTOW yg lebih tinggi seiring dengan peningkatan kapasitas materi bakar. terbang sekitar 34% lebih jauh dengan muatan 396 penumpang dalam pengaturan daerah duduk dua kelas serta jangkauan maksimum 7.370 mil bahari (13.650 km).
Boeing-777 -300ER - Fitur sayap yg membentang yg dipersenjatai serta roda pendaratan utama yg dimodifikasi. Sayapnya mempunyai rasio aspek 9.0. Didukung oleh Turbofan GE90-115B, mesin jet paling besar lengan berkuasa dengan daya dorong maksimum 115.300 lbf (513 kN). Setelah pengujian, penyempurnaan Aerodinamis telah mengurangi pembakaran materi bakar sebesar 1,4%.
Sejak dilepaskan, menso pendorong utama penjualan Twinjet melewati seri A330/340. Pesaing langsungnya termasuk Airbus A340-600 serta A350-1000. Menggunakan dua mesin membuat kegunaan biaya operasional kurang lebih 8-9% buat -300ER pada atas A340-600.
Beberapa perusahaan penerbangan telah berterus terangisisi -300ER sebagai pengganti 747-400 di tengah kenaikan harga materi bakar alasannya adalah merupakan keunggulan bakar 20%.
Boeing-777 -300ER - Pertama dikirim ke Air France pada tanggal 29 April 2004. Adalah varian terlaris 777, telah melampaui -200ER tahun 2010 serta pengiriman pada tahun 2013. April 2017, -300ER pengiriman 45 ke pelanggan berbeda berjumlah 725, dengan 90 pesanan terisi. Pada Juli 2016, 657 -300ER pesawat dalam pelayanan.
[B777-300ER Backgrounder (4) - Boeing[ B777-300ER Seating Plan (1) - Saudia
[ B777 Airplane Characteristics for Airport Planning (172) - Boeing
[ B777 Tripple Redunsertat Primary Flight Computer (15)
[ B777 Primary Flight Computer (14)
[ B777 New ETOPS Regulation (39)
[ B777-9 Airplane Characteristics for Airport Planning (79)
[ B777 Chapt. 29 Introduction (8) - Michael J. Morgan